cikawungading cipatujah

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid DKM Alfalah Mekarsari Bersama Yayasan Assifa

Cikawungading Cipatujah Kabar Desa Lingkungan Seputar Berita Tokoh Masyarakat

Cikawungading ( 21/11/2018 ) – Pembangunan Masjid Jamie DKM Al Falah Mekarsari Desa Cikawungading Akhirnya bisa dilaksanakan setelah beberapa tahun terakhir tersendat pembangunannya dikarenakan masih kurangnya biaya untuk pembangunan Masjid tersebut.

cikawungading Cipatujah
Sambutan Ketua Yayasa Assifa Cabang Ciamis H. Asep, foto : Pandu Desa

Mesjid, secara bahasa, adalah tempat sujud. Adapun secara syar’i, mesjid adalah tempat yang dipersiapkan untuk digunakan shalat lima waktu secara berjamaah oleh kaum muslimin.

Akan tetapi, terkadang mesjid mempunyai arti yang lebih luas dari itu. Karenanya, tempat yang dijadikan oleh seseorang di rumahnya untuk melaksanakan shalat sunnah atau shalat wajib karena dia tidak mampu untuk shalat di mesjid, yang orang-orang mendirikan shalat berjamaah di dalamnya, dinamakan mesjid pula.

Di antara dalilnya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari: 323 dan selainnya dari Jabir bin Abdillah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أُعْطِيْتُ خَمْسًا لَمْ يُعْطَهُنَّ أَحَدٌ قَبْلِي نُصِرْتُ بِالرُّعْبِ مَسِيْرَةَ شَهْرٍ وَ جُعِلَتْ لِي اْلأَرْضُ مَسْجِدًا وَ طَهُوْرًا فَأَيُّمَا رَجُلٍ مِنْ أُمَّتِي أَدْرَكَتْهُ الصَّلاَةُ فَلْيُصَلّ

“Aku diberi lima hal yang tidak diberikan kepada seorang pun sebelumku: aku dimenangkan dengan perasaan takut yang menimpa musuhku dengan jarak sebulan perjalanan, bumi dijadikan bagiku sebagai mesjid dan suci, siapa pun dari umatku yang menjumpai waktu shalat maka shalatlah….”

Sumber :https://konsultasisyariah.com/

cikawungading Cipatujah
Acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Oleh Yayasan dan Sesepuh Masjid Al Falah Mekarsari

Pengurus Masjid Alfalah beserta tokoh masyarakat akhirnya sepakat mengadakan kerjasama dengan Yayasan ASSIFA Cabang Ciamis yang di ketua oleh H. Asep, selanjutnya disepakatilah untuk peletakan batu pertama dilaksanakan pada Hari Rabu Tanggal 21 Nopember 2018.

Acara Peletakan Batu Pertama dihadiri oleh Ketua Yayasan Yaitu H. Asep dan rombongan, Tokoh Ulama dan Masyarakat juga tampak hadir serta dari Pemerintah Desa Cikawungading juga ikut hadir dalam acara tersebut.

cikawungading Cipatujah
Ketua Yayasan H. Asep sedang memulai peletakan batu pertama sebagai simbolis, foto : Pandu Desa

Setelah acara pembukaan, sambutan-sambutan dan lain-lain, terakhir dilanjut acara peletakan batu pertama, dimulai oleh H. Asep sebagai Ketua Yayasan Assifa kemudian sesepuh DKM, pemerintah desa dan yang lainnya sebagai simbolis sebanyak 7 orang ikut melakukan hal tersebut.

cikawungading cipatujah
Sesepuh Ulama Kang Salim berdo’a setelah melakukan peletakan batu pertama, foto : Pandu Desa

Semoga dengan dibangunnya Masjid Jamie Al Falah Mekarsari ini masyarakat lebih giat beribadah dan menjaga agar masjid terawat dengan baik sehingga nyaman dipakai untuk beribadah.

Terima Kasih telah berkunjung 🙂

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan