perikanan cipatujah

Tempat Pelelangan Ikan Menjadi Salah Satu Sumber Pendapatan Desa

Cikawungading Cipatujah Kabar Desa Lingkungan Potensi Desa Seputar Berita

Cikawungading (07/12/2018) – Sebagai salah satu Desa yang berada di lokasi Pantai Selatan Pulau Jawa, Desa Cikawungading Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya merupakan salah satu desa yang sebagian pekerjaan Masyarakatnya menjadi Nelayan yang kegiatan sehari-harinya menangkap ikan di Samudera Hindia dengan peralatan yang terbilang masih tradisional atau dengan peralatan seadanya.

cikawungading cipatujah
Tempat Perahu Nelayan Pamayangsari, foto : Iwan (Pandu Desa)

Para Nelayan tersebut ada juga yang berasal dari Desa lain yang mengandalkan pendapatannya dari menangkap ikan di wilayah Desa Cikawungading. Hasil Tangkapan ikan tersebut dijual di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan di kelola oleh Koperasi “Mina Bangkit”.

Tempat pelelangan ikan (TPI) adalah sebuah pasar yang biasanya terletak di dalam pelabuhan atau pangkalan pendaratan ikan, dan di tempat tersebut terjadi transaksi penjualan ikan dan hasil laut baik secara lelang maupun tidak. Biasanya TPI ini dikoordinasi oleh Dinas Perikanan, Koperasi, atau Pemerintah Daerah.

cikawungading cipatujah
Aktivitas Pengelola TPI Pamayangsari, foto : Iwan (Pandu Desa)

Di tempat pelelangan ikan, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, yaitu:

  1. tempat tetap (tidak berpindah-pindah),
  2. mempunyai bangunan tempat transaksi penjualan ikan,
  3. ada yang mengkoordinasi prosedur lelang/penjualan,
  4. mendapat izin dari instansi yang berwenang (Dinas Perikanan/Pemerintah Daerah)

Sesuai Kesepakatan Bersama Pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan yang ada di Desa Cikawungading dikelola oleh Koperasi ” Mina Bangkit”, dari tempat pelelangan ikan tersebut Pemerintah Desa Cikawungading mendapatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) sebesar 0,5 % dari Hasil Penjualan TPI.

cikawungading cipatujah
Para Pembeli sedang menunggu untuk melakukan transaksi jual beli di TPI, foto : Iwan (Pandu Desa)

Para nelayan yang ada di Pamayangsari Desa Cikawungading sudah rutin setiap satu tahun sekali yaitu setiap Bulan Desember mengadakan Acara Syukur Laut dan biasanya pada Acara puncak dihadiri oleh Bupati Tasikmalaya. Untuk Tahun 2018 ini Acara Syukur Laut akan dimulai sekitar Pertengahan Bulan ini.

Terima Kasih telah berkunjung 🙂

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan